Friday, December 23, 2011

Gagal Itu Penting

     Kegagalan menjadi teman akrab dalam kehidupan kita. Adakah orang yang tidak pernah satu kali pun mengalami kegagalan dalam hidup? Bisa dipastikan tidak ada seorang pun.
     Beragam sikap muncul dalam menghadapi kegagalan. Banyak mantra semangat yang disampaikan untuk menghibur kawan yang gagal bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda atau kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Kalimat semangat seperti itu sering kita sampaikan lantaran tidak tahu apa yang harus kita katakan. Walaupun disampaikan dengan ketulusan, kalimat tersebut diperlukan hanya sekedar untuk menghibur diri.
     Sebenarnya, apa yang dilakukan tidaklah sia-sia. Memiliki perbendaharaan kalimat semangat dan pandangan positif tentang kegagalan merupakan benteng kokoh untuk menghadapi serangan “virus kegagalan” dalam hidup.
     Sejarah menunjukkan ribuan bukti kesuksesan seseorang. Banyak tokoh dunia sukses bukan karena mereka tidak pernah gagal, melainkan karena mereka tahu bagaimana harus merespons, berpikir, bertindak, dan menyikapi kegagalan dengan jiwa seorang pemenang.
     Jatuh bangun adalah proses biasa dalam meraih kesuksesan. Untuk sampai di puncak gunung, seseoarng harus mendaki. Namun, tidak sedikit orang yang tenggelam dalam perasaan gagal serta menyalahkan dri dan semua yang ada di hadapannya atas semua yang dialaminya.
     Janganlah kita hanya bermimpi untuk mendapatkan sesuatu yang dicita-citakan. Jika saat ini kita bercita-cita mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi hanya dengan satu kali proses lamaran, kita harus bersiap untuk menghadapi kemungkinan lain. Kita tidak berharap gagal, namun kemungkinan itu pasti ada. Menyiapkan diri lebih baik bagi Anda daripada hanya sekedar berbekal semangat saja. Berputus asa bukanlah pilihan. Masih sangat banyak pilihan lain yang dapat kita lakukan untuk menyiasati situasi sulit.
     Kegagalan itu penting jika kita memiliki persepsi dan sikap yang tepat mengenai kegagalan. Banyak orang berpikir bahwa orang-orang sukses adalah mereka yang selalu berhasil dalam setiap usahanya dan orang yang mengalami kegagalan tidak mungkin meraih keberhasilan. Seseorang dikatakan gagal jika ia memutuskan menyerah sebelum berusaha.
     Bagaimana cara kita menyikapi kegagalan?
     Kegagalan tidak berhak merenggut motivasi dan semangat kita untuk berkarya. Kegagalan dapat dilihat sebagai salah satu jalan yang mendekatkan diri kita pada keberhasilan. Masih banyak cerita orang-orang sukses yang berhasil bangkit kembali dari kegagalan. Jadi, siapa bilang kegagalan itu berarti kiamat? Kegagalan itu justru penting agar kita selamat.


» Jangan lupa dilike kalau bermanfaat.

3 Komentar:

ExtraOrdinary Life said...

Semangatlah dalam menerima kegagalan. Tapi bukan berarti berbangga menerima kegagalan.....

Dani said...

niceee

Mas Hanif said...

Setuju ama PertamaX

Post a Comment